-->

10 Tips Utama untuk Entrepreneur Pemula yang Wajib Dipelajari oleh Anda

UNTUK mencapai entrepreneur itu tidaklah mudah layaknya seperti membalikkan telapak tangan. Ada beragam faktor dan penyebab yang wajib Anda perhatikan terlebih dahulu, seperti cara memulai, me-manage atau mengelola, hingga menjadi bisnis usaha yang sukses.

10 Tips Utama untuk Entrepreneur Pemula yang Wajib Dipelajari oleh Anda

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Scoot Gerber melalui situs Entrepreneur.com, ada 10 hal penting yang wajib dipelajari dan diketahui oleh wirausaha pemula; baru memulai usaha.

10 Tips Utama untuk Entrepreneur Pemula


#1. FOKUS, FOKUS & FOKUS

Sebagai seorang pebisnis pemula, mengambil semua kesempatan peluang bisnis usaha yang ada menjadi daya tarik tersendiri. Padahal, bisnis itu sifatnya tidak pasti. Masih meraba-raba tidak menentu kemana arahnya.

Alangkah baiknya jika Anda fokus pada satu bisnis usaha yang dikerjakan. Sehingga, pada akhirnya, usaha tersebut akan jauh lebih baik dan berkualitas ketika memproduksi barang & jasa yang disediakan.

Tidak mungkin kan, Anda mengerjakan berbagai bisnis usaha dalam satu waktu? Padahal, hal tersebut bisa saja berdampak atau mempengaruhi kegagalan yang mungkin saja terjadi karena Anda tidak fokus pada satu bisnis.

#2. LAKUKAN APA YANG ANDA MAU, LAKUKAN SEMUANYA SESUAI KEINGINAN ANDA

Jangan hanya karena bisnis usaha tersebut tampak keren lalu Anda memulai bisnis usaha tersebut. Jangan... Jangan coba-coba melakukan hal-hal yang tidak bisa Anda bayangkan.

Bangunkan bisnis usaha yang memang cocok dengan diri Anda, ini semua tentang passion Anda. Jika kekuatan, hobi dan minat Anda ada di jenis bisnis usaha tersebut, segeralah mendirikannya sedini mungkin.

#3. MENGUASAI KONSEP SECARA MENYELURUH: 100%

Setiap bisnis mempunyai konsep yang berbeda-beda. Apalagi jika bisnis Anda membutuhkan investasi dari pihak luar atau kerja sama dengan pihak lain.

Scoot menjelaskan, bahwa:

"Say it in 30 seconds or don’t say it at all!"

#4. JANGAN SOK TAHU

Menjadi diri sendiri jauh lebih baik dari pada menjadi orang lain. Maka dari itu, kenali diri Anda secara meluas, seperti seberapa sanggup kah Anda ketika menjalankan bisnis ini dan berbagai hal lainnya.

Tetap berada di samping penasihat atau berteman dengan wirausahaan lainnya. Ambil manfaatnya, buang hal-hal yang tidak bermanfaat untuk Anda. Setidaknya, Anda akan menjadi seorang entrepreneur yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

#5. SEDERHANA DI AWAL ITU SANGAT PENTING

Jangan langsung mengira bahwa sebulan atau dua bulan setelah bisnis didirikan dan dijalankan, Anda membayangkan akan mendapatkan mobil mewah, rumah yang besar atau dengan kata lain memiliki kekayaan yang berlimpah.

Benar, semua itu akan datang kepada Anda suatu saat nanti jika bisnis di kelola dengan baik. Namun, hal-hal seperti itu tidak pantas untuk dipikirkan sekarang karena bisnis baru saja didirikan. Sederhana di awal itu sangat penting....

#6. BELAJAR DARI KEGAGALAN

Semua orang pernah mengalami kegagalan, baik itu dari sisi bisnis usaha maupun sisi lainnya. Sebaik apapun perencanaan yang dilakukan, jika Allah SWT berkehendak tidak seusai keinginan Anda, maka semuanya akan berakhir.

Sebaik-baiknya guru ialah pengalaman. Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup Anda. Jika dirasa Anda gagal dalam menjalankan bisnis tersebut, coba ganti dengan bisnis lainnya. Mungkin, passion Anda tidak di jenis bisnis tersebut.

#7. MENGHEMAT ADALAH ANGGARAN TERBAIK

Jika dinilai dari model bisnis yang Anda kerjakan tergolong hemat dari sisi anggaran yang dikeluarkan, bukan tidak mungkin para investor akan berbondong-bondong untuk memberikan investasinya kepada Anda.

Ini tentang konsep bisnis usaha pribadi Anda. Jika konsep seperti ini berhasil Anda terapkan, maka bersiap-siaplah ketika investor yang menginvestikan uangnya akan meningkat secara drastis.

#8. MENJAGA KESEHATAN

Meski pun di awal-awal minggu Anda sudah kerepotan sendiri karena me-manage bisnis yang baru dibangun, bukan tidak mungkin Anda tidak memiliki waktu luang. Cobalah untuk berolahraga secukupnya. Dengan fisik yang sehat, maka pekerjaan akan jauh lebih produktif.

Sejatinya... Entrepreneur hanya sebatas hidup; bukan pekerjaan yang harus menyita waktu Anda begitu banyak. Makan teratur, olahraga dan menyisihkan waktu bersama keluarga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan.

#9. TALK LESS DO MORE

Sedikit berbicara, banyak bertindak. Dalam berbisnis, Anda tidak boleh membangga-banggakan prestasi yang baru saja Anda raih selama ini. Apalagi jika hal yang Anda ucapkan adalah mengumbar perencanaan bisnis tanpa adanya tindakan.

Pastikan bahwa segala sesuatu yang menyangkut tentang bisni usaha Anda telah diatur & dikelola dengan baik. Talk less do more...

#10 TAHU KAPAN & DIMANA BERHENTI BERBISNIS

Mengevalusi bisnis yang sedang dijalankan itu adalah hal yang mutlak. Kalau di evaluasi, dipastikan bahwa Anda akan menemukan beberapa kesalahan yang bisa merugikan bisnis usaha Anda.

Ini tentang gengsi seseorang. Anda tidak perlu membuktikan kepada orang banyak tentang seberapa mampunya Anda ketika memulai bisnis usaha tersebut.

KESIMPULAN

Nah, apabila 10 tips utama bagi pemula sudah Anda ketahui dan ingin Anda terapkan di bisnis usaha yang sedang dikerjakan atau akan didirikan. Percayalah bahwa bisnis Anda akan menjadi lebih produktif dan kompetitif; siap bersaing dengan pebisnis lainnya. Good luck!

Labels: Panduan Bisnis bagi Pemula

Thanks for reading 10 Tips Utama untuk Entrepreneur Pemula yang Wajib Dipelajari oleh Anda. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "10 Tips Utama untuk Entrepreneur Pemula yang Wajib Dipelajari oleh Anda"

Don't spam!